Kelebihan Dan Kekurangan Root Android

Kamu wajib baca, inilah Kelebihan Dan Kekurangan Root Android – Bagi kamu yang menggunakan smartphone android pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ROOT.
lebih-lebih lagi jika kamu memang hobi untuk mengotak-atik smartphone nya. akan tetapi tidak sedikt juga dari user android yang masih belum memahami istilah ROOT android.

 

 Apakah yang dimakud dengan root android ??

root merupakan proses untuk membuka semua akses sistem android agar kita dapat mengelola perangkat dengan sepenuhnya. android merupakan sistem operasi yang mengantongi lisensi terbuka, sehingga pengguna dizinkan sepenuhnya untuk mengelola sistem tersebut.

hal inilah yang mengizinkan proses root boleh dilakukan pada smartphone android, dan semua resiko yang terjadi dari proses root tersebut akan ditanggung oleh user nya di luar tanggung jawab dari perusahaan google selaku pengembangnya.

sebelum kamu mekangkah lebih jauh untuk melakukan root pada androidmu silahkan simak dulu, apa fungsi dan akibat yang akan diterima saat melakukan root pada android.

 

Apa saja fungsi dari root pada android ??

fungsi root pada android, yang perlu kamu ketahui adalah root dapat menambah, mengurangi, maupun memodifikasi file-file ataupun data yang terletak pada sistem android. untuk smartphone berbasis android sendiri beberapa dari file ataupun sistemnya memang bersifat locked atau tidak bisa dibuka karena penggunanya tidak memilik izin dari akses pada file-file tersebut .

 fungsi root android ini adalah untuk meng-unlock file-file tersebut hingga kamu bisa menjadi administrator untuk kemudian secara bebas bisa melakukan aktivitas sesuai kebutuhan yang kamu inginkan pada androidmu.
aktivitas yang bisa kamu lakukan diantara nya, seperti untuk memaksimalkan kinerja android/meng-overclock prosersor bawaan dari android, serta menghapus aplikasi bawaan android yang tidak kamu perlukan.

selanjutnya, fungsi root android juga bisa kamu gunakan untuk mem-backup aplikasi serta sistem yang ada pada androidmu. kemudian fungsi root pada android juga memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi meskipun secara spesifikasi aplikasi tersebut tidak mendukung untuk dijalankan pada android mu.

selain dari beberapa fungsi tersebut sebenarnya masih banyak hal-hal lain yang dapat kamu lakukan setelah kamu melakukan proses rooting pada android mu. Karena, hal tersebutlah kebanyak dari user android akan melakukan rooting pada perangkatnya.

 

Resiko root pada android.

yang pertama kamu akan kehilangan garansi dari android yang kamu gunakan.
yang kedua, tidak bisa mendapatkan akses update os secara OTA.
yang ketiga, akan berbahaya bagi para pemula jika terjadi kesalahan pada sistem androidnya.
yang keempat keamanan pada androidmu akan menurun.

dan selanjutnya adalah hal yang paling ditakuti yaitu terjadinya brick (kerusakan) baik softbrick (kerusakan ringan) hingga yang terparah yaitu hard brick (kerusakan berat/mati total)

setelah kamu mendengar penjelasan saya sebelumnya, apakah kamu mengurungkan niat untuk rooting? Atau tambah semangat untuk melakukannya? jadi saran dari saya lebih baik kamu terlebih dahulu memikirkan secara matang apa yang akan kamu lakukan setelah melakukan root ini.

 pikirkan kembali, apakah kamu benar-benar harus melakukannya ? atau tidak ?
 jika kamu masih merasa awam dan tidak berani untuk menerima lebih banyak resiko setelah melakukan root. sebaiknya kamu berpikir ulang untuk melakukannya.
nah, sekian dulu dari saya tentang sedikit penjelasan yang berkaitan dengan root andoid.